Sabtu, 01 Juli 2017

Perubahan Itu Bernama Belajar Bersama Alam (BBA)


Perubahan adalah sebuah keniscayaan dalam kehidupan. Setiap sesuatu pasti berubah dan perubahan yang hakiki adalah menuju kebaikan dalam rangka menjalankan titah agama sebagai khalifah fil ardh. Yang perlu menjadi catatan adalah dalam setiap perubahan memerlukan effort yang maksimal. Jer besuki mawa bea...demikian ujar-ujar orang tua dulu ketika seseorang mengalami proses perubahan.

Demikian halnya dengan kami. Untuk tahun ajaran 2017/2018, kami telah mencanangkan perubahan yang signifikan. Terutama yang berkenaan dengan mindset pendidikan yang meliputi kurikulum dan metode pembelajaran. Sadar bahwa untuk berperan sebagai khalifah itu membutuhkan knowledge dan skill yang mumpuni, kami telah mematok target perubahan itu jauh-jauh hari.

Adalah kurikulum yang kami redefinisi dari sekedar patokan-patokan akademik yang rigid menjadi landasan-landasan pendidikan yang luwes, luas, dan komprehensif. Juga dengan metode pembelajaran yang kami geser menjadi the real scientific method melalui Belajar Bersama Alam (BBA) yang lazim digunakan oleh kawan-kawan penggerak sekolah alam di seantero negeri.

BBA secara sederhana dapat dimaknai sebagai upaya kami mengajak ananda untuk memikirkan secara komprehensif ciptaan ALLAH di muka bumi melalui berbagai aktivitas pengamatan, mengeksplorasi, dan bereksperimen. Tentu cipataan ALLAH yang dimaksud adalah yang terdekat dengan kehidupan sehari-hari mereka. Hal ini dilakukan untuk mengasah secara komplit talenta mereka, baik yang bersifat kognisi, sikap, dan spiritualitas.

Untuk harapan yang besar itu kami telah berupaya melakukan persiapan sedari Mei 2017 di sela-sela kesibukan bermain dan belajar bersama ananda. Segala usaha sudah dilakukan dari mulai Pelatihan Problem and Project Based Learning bersama Bu Wiwit Safitri dari MIKAZA Jakarta dan Pelatihan BBA bersama Pak Syafir dan Pak Gigih dari Bumi Manusia Consulting (BMC).

Semoga ALLAH meridhai atas ikhtiar yang kami lakukan. Allahu musta'an...










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured post

Ahlan wa Sahlan wa Marhaban

Alhamdulillahi rabbil 'aalamin. Setelah libur yang sangat panjang, yakni liburan akhir tahun ajaran dan Lebaran 1439 H, kita semua kemba...